Rekomendasi Sumber Belajar Vue.js

Cover image

Apa itu Vue.js?


Menurut   vuejs.org / vuejs.id :

Vue (cara pengucapannya /vjuː/, seperti view) adalah sebuah kerangka kerja nan progresif untuk membangun antarmuka pengguna.Tidak seperti beberapa kerangka kerja monolitik yang lain, Vue dirancang dari dasar sekali agar dapat diadopsi secara bertahap. Pustaka intinya difokuskan pada layer tampilan saja, dan sangat mudah untuk diintegrasikan dengan pustaka yang lain atau dengan proyek yang sudah ada. Di sisi lain, Vue sangat mampu memberikan dan mendukung Single Page Application yang canggih ketika dikombinasikan dengan perkakas modern dan dukungan pustaka.

Jadi singkat nya Vuejs adalah sebuah kerangka kerja yang progresif untuk membangun tampilan sebuah website (User Interface).

Dimana tempat untuk mempelajari Vuejs?


Banyak sekali tempat/sumber untuk mempelejari atau mengetahui cara menggunakan Vuejs. Mulai dari yang berbentuk artikel hingga berbentuk video. Di artikel ini yang akan disajikan adalah rekomendasi dari tempat/sumber belajar Vuejs.

- Vuejs.org / Vuejs.id

Vuejs image

Vuejs.org adalah sebuah website resmi yang dibuat oleh pembuat Vuejs itu sendiri yaitu Evan You. Untuk versi Indonesia bisa mengunjungi Vuejs.id. Website ini berisi tentang dokumentasi cara mendevelop menggunakan Vuejs.

- Sekolahkoding.com / Youtube Sekolah Koding

Sekolah Koding image

Sekolahkoding.com sebuah webiste yang berisi tutorial programming berbahasa Indonesia. Bisa dikunjungi langsung di Sekolahkoding.com atau Youtube. Jika ingin langsung ke bagian materi tentang Vuejs bisa langsung ke Materi, Ada 15 video yang akan menjelaskan VueJs dari dasar.

- Vuemastery.com

Sekolah Koding image

Vuemastery.com masih ada hubungannya dengan Vuejs.org. Perbedaannya adalah, di Vuemastery materi yang ditawarkan dalam bentuk video dan ada beberapa materi yang berbayar. Sayangnya, materi yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris.

- Buildwithangga.com

Buildwithangga image

Buildwithangga.com website yang menyajikan tutorial programming dalam bentuk video dan berbahasa Indonesia. Materi VueJs di website ini menjalaskan dari dasar bagaiman cara menggunakan VueJs. Website ini juga menyediakan sebuah kelas berbayar yang berisi tentang perpaduan antara Laravel dan VueJs.

- freecodecamp.org / Youtube freecodecamp.org

Freecodecamp image

Freeodecamp.org sama seperti website/Yotube channel sebelumnya, sumber ini membahas tentang programming. Akan tetapi ada yang unik dari materi nya. Materi yang disajikan dalam bentuk video dan durasi nya lumayan panjang. Contohnya materi VueJs yang berdurasi 3 jam dan masih banyak materi yang lain yang durasi nya lebih dari 3 jam.

Penutup


Masih banyak website/Youtube channel yang bisa dijadikan sumber belajar VueJs. Mungkin ada juga pelatihan dalam bentuk tatap muka yang membahas VueJs. Artikel kali ini hanya rekomendasi dari penulis tentang sumber belajar VueJS. Sampai jumpa diartikel berikutnya ~

Happy learning and coding